Powered By Blogger

Selasa, 03 Januari 2012

Evaluasi Peluang Usaha Baru

Usaha pertama untuk memulai usaha baru adalah analisa kelayakan usaha baru tersebut. Usaha baru ada kemungkinan untuk mengalami suau kegagalan. Alasan utama kegagalan suatu usaha adalah pengetahuan pasar yang tidak memadai, kinerja produk yang salah, usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif, tidak disadarinya tekanan persaingan, keusangan produk yang terlalu cepat, waktu untuk memulai usaha baru tidak tepat, kapitalisasi yang tidak memadai, pengeluaran operasi yang tidak diprediksi, investasi berlebihan, dan kesulitan keuangan.

Sebelum usaha implementasi dilaksanakan, setiap gagasan kewirausahaan untuk produksi barang yang memiliki aspek teknis harus dianalisa. Dua tahap penting dalam proses ini adalah mengidentifikasi spesifikasi teknis penting dan uji coba produk.

Usaha lain yang diperlukan untuk evaluasi peluang usaha baru yang baik adalah dengan melakukan riset pasar. Hal tersebut bertujuan untuk memperkirakan kebutuhan pelanggan atas informasi-informasi yang didapatkan.

Perlu pula dilakukan analisa kelayakan financial yang dipergunakan untuk menentukan sumber daya financial yang diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang dapat diharapkan.

Kemampuan organisasional perusahaan pun harus dievaluasi dengan melihat berbagai jenis keterampilan dan bakat untuk bekerjasama dalam hal mencapai tujuan organisasional. Selain itu, setiap bisnis pada umumnya menghadapi dua jenis tekanan persaingan, yakni persaingan langsung dari produk dan jasa yang identik dengan produk pada pasar yang sama, serta tekanan tidak langsung dari barang substitusi.


Sumber:

elearning.gunadarma.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar