Powered By Blogger

Minggu, 08 Januari 2012

Rencana Pemasaran

Perencanaan merupakan proses menentukan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya. Dengan adanya perencanaan dapat membentuk usaha organisasi yang terkoordinasi serta dapat meningkatkan tingkat keberhasilan organisasional melalui pencapaian tujuan organisasi. Hal tersebut menyimpulkan bahwa rencana pemasaran dapat dikatakan sebagai suatu proses dimana organisasi berusaha untuk memasarkan produk dengan proses analisa, evaluasi, seleksi, dan prediksi untuk mencapai suatu keuntungan yang dapat mengembangkan usaha pemasaran tersebut.

Umumnya lingkungan eksternal tidak dapat dikendalikan oleh wirausahawan. Akan tetapi para wirausahawan dituntut untuk menyadari perubahan pada bidang

Ekonomi, budaya, teknologi, permintaan, hukum, persaingan, dan bahan mentah. Sedangkan, faktor internal yang menjadi kendali oleh wirausahawan adalah financial, manajemen, supplier, serta sasaran dan tujuan.

Istilah yang dikenal dalam pemasaran adalah bauran pemasaran. Istilah tersebut merupakan interaksi yang biasa terjadi dalam proses pemasaran yaitu interaksi antara produk dan jasa, penentuan harga, distribusi produk, hingga promosi produk. Selain itu terdapat istilah segmentasi pasar yang merupakan proses membagi ke dalam kelompok homogen yang lebih kecil, hal ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Usaha untuk perencanaan pemasaran produk tentunya terdapat hal yang dapat dicapai dan tidak dapat dicapai. Hal tersebut dapat dilihat seperti di bawah ini:

Wirausahawan pun dituntut untuk dapat membuat suatu peramalan seperti, merancang rencana, membuat penyesuaian dan modifikasi untuk memenuhi tujuan dan sasaran yang diinginkan. Dalam pemasaran pun terdapat karakteristik agar pemasaran efektif, yaitu:

1. Rencana pemasaran dengan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan.

2. Rencana pemasaran didasarkan fakta

3. Rencana pemasaran dengan menggunakan sumber daya yang ada.

4. Organisasi yang tepat untuk implementasi rencana pemasaran.

5. Rencana pemasaran harus memenuhi sasaran jangka panjang.

6. Rencana pemasaran singkat dan simple.

7. Rencana akan berhasil tergantuk fleksibelitas.

8. Rencana pemasaran hendak memberikan spesifikasi criteria kinerja.

Sumber:

elearning.gunadarma.ac.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar